The Noob's Profile

My photo
Random rant, Random reviews, Random story... You can found all random things on here :)

Tuesday 3 November 2015

Review Random nan Sotoy (RRS): Tekken 7 (Arcade Version: J04)

Jadi kemaren kan sempet pulang Jakarta beberapa hari dan lumayan lah dapet waktu main tiga harian pas balik itu... Lumayan bisa dipake buat ngetest game baru, alias Tekken 7 XD

By the way, review ini cuma ambil sedikit sudut pandang non pro iseng aja, kalo ada sesuatu yang terasa offensive, mohon dimaafkan...

Intro
Gue mulai masuk ke dalam dunia Tekken itu sejak 7 tahun yang lalu mungkin pas akhir Tekken 5 DR dan mulai masa transisi masuk ke Tekken 6 waktu itu... Gue kenal Tekken dengan cara yang sedikit berbeda dengan orang lain. Kalau orang main Tekken biasanya dari seri awal (seri PS1 : Tekken 1-3), gue kenal Tekken justru dari Tekken 5 dulu baru main ke Tekken 3, karena pada masa itu gue belom punya PS 2, setelah masuk SMP gue baru punya PS 2 dan lanjut main di Tekken 5. Balik lagi, gue mulai terjun ke dunia arcade awal 2008, pas Tekken 6 baru keluar di Indonesia setelah kenal di sebuah forum namanya Indotekken. Gue sebagai pemain bukan pemain jago sih cukup menarik dengan segala kesulitan di gamenya karena gue pemain baru saat itu. Tapi tetep aja seru karena komunitas Tekken arcade saat itu hidup banget, apalagi setelah itu ada expansion Bloodline Rebellion segala dan berlanjut ke TTT2.

2014an kalo gak salah, Namco mulai umumin soal Tekken 7 dan gue mulai kayak tertarik balik setelah hiatus di TTT2. Setelah Jepang akhirnya dapet duluan di Februari 2015, dan Korea gak lama setelahnya, kita di SEA dapet ngerasain gamenya juga mulai awal Oktober kemaren, hanya saja karena gue emang lagi di luar kota, makanya gue baru bisa mulai main pas akhir Oktober kemaren, berhubung juga gue memang balik sengaja mau nyoba Tekken 7 doang (ini serius loh)

Ada 2 lokasi yang bisa lu datengin jika mau mencoba Tekken 7 di Jakarta. Yang pertama Puri XXI di daerah Jakarta Barat dan yang kedua Gading XXI di Jakarta Utara. Ini saran dari gue, kalo lu mau mencari tempat yang selalu rame setiap hari, banyak pemain jagonya dan elu udah yakin dengan skill yang lu punya, gue persilahkan elu ke Puri XXI karena emang di sana mayoritas "penghuninya" adalah pemain-pemain jago (R-Tech, Hero, Pyro, Jovian, Javier, Lee_yo, Kyoshiro, dll). Tapi kalau elu belom merasa yakin dengan skill yang elu punya, pengen ngarepin scene Tekken yang normal, atau mau nyari tempat latihan yang agak sepi, silahkan datang ke Gading XXI karena memang di sana (berdasarkan hasil pantauan dua hari main di sana) sepi pas hari biasa walaupun emang tempatnya punya reguler masing-masing (Brother_Dyon, Abhi, Irvan Dreamcatcher, dan kalo main maleman dikit bisa ketemu pemain Korea namanya Lee a.k.a Soonfal), tapi Sabtu dan Minggu biasanya isinya cuma random player dan lebih gampang naikin kartu untuk yang belum percaya diri dengan skillnya.

Oke, kita lanjutkan ke bagian berikutnya...

Gameplay
Sebelom masuk bagian intinya, gue mau menjelaskan dulu beberapa hal soal perubahan gameplay di Tekken 7

Tekken 7 nerapin tiga sistem baru yang beda dari dua seri Tekken sebelum yang punya sistem kurang lebih sama (Tekken 6 dan TTT2). Yang pertama adalah tailspin, di Tekken 6 dulu kalau mau extender juggle seperti yang kita tahu kita harus gunakan suatu move yang disebut dengan bound. Ketika move bound dipake, kaki char yang kena gerakan itu akan sedikit keangkat dan bikin kita bisa extent juggle yang kita pake. Di Tekken 7, sistem ini dihapus dan diganti sama sistem namanya tailspin. Sifatnya kurang lebih sama kayak bound, tapi char yang kena tailspin akan mental lebih jauh dibandingkan dengan saat dulu dibound, sehingga kita juga gak bisa pake move dengan hit terlalu banyak karena ketika kita lakukan tailspin, si karakter yang kena bakal mental jauh banget dan extent juggle yang kita masukin belum tentu kena ke mereka.

Kedua adalah Power Crush. Ability ini kalau dipake di saat yang sama dengan musuh mengeluarkan sebuah move, kita akan menyerap damagenya tanpa kena efek serangnya dan serangan kita yang akan masuk ke musuh. Tapi perlu diperhatikan juga karena kadan damage seranga musuh yang kita serap lebih banyak daripada damage yang kena ke musuh... Ya kecuali kayak punya Hwoarang yang power crushnya ngejuggle, itu beda lah ya...
Ketiga dan terakhir adalah sistem Rage Arts. Ada yang masih inget Rage? Rage adalah Keadaan ketika bar HP kita udah berkurang sampe tinggal dikit (20% ke bawah kalo gak salah), maka bar HPnya bakalan kedip2 warna merah, biasanya efeknya nambah damage serangan sekitar 10% kalo gak salah. Ini sistem yang sebenernya udah diterapin di Tekken 6, tapi di Tekken 7 dapet sedikit modifikasi. Ketika char kita rage di Tekken 7, char yang kita gunain bisa menggunakan Rage Arts, semacem special move yang cuma bisa digunakan ketika keadaan Rage (dengan catatan, setelah dipake, Rage karakter kita akan ilang). Damage clean hitnya termasuk gede tapi kecil kalau dimasukkan ke dalam ender juggle. Property move ini sama seperti power crush, ketika lu pake gerakan apa, dia akan tetap tembus (kena) ke musuh, dengan catatan juga health yang kita punya masih cukup setelah kena gerakan dari lawan. Kelemahan sistem ini adalah bisa diblock atau ditundukkin (full crouch), bisa juga di SS (sidestep) serta minusnya lumayan besar. Jadi kalau meleset, ya siap-siap aja bertemu ajal (ya gak gini juga sih, tergantung mainnya gimana... Kalau gak rapi ya resikonya langsung mati abis diblock). Oh iya, Rage Arts juga bisa diparry (untuk reversal, belom ada buktinya bisa atau gak, tapi kalau parry udah bisa) serta tiap karakter punya property hit yang beda-beda (hitnya bisa low (Lucky Chloe), High (Alisa, dll), atau mid (Asuka, dll)), beberapa juga punya property pushback ketika on block...

Pertama kali nyoba main game ini ternyata gak sesusah ketika transisi dari Tekken 5 ke 6. Mungkin juga karena gue udah ngerasain sistem bound segala macem dari Tekken 6 jadi ketika di Tekken 7 ada sistem tailspin yang mirip-mirip bound, udah gak kagok lagi. Dan sekarang juga gue udah harus pinter-pinter manage life bar karena mainnya kembali lagi jadi 1 orang aja. Damage scalling di game ini juga agak aneh, kadang juggle panjang damagenya cuma seiprit, tapi poking dikit-dikit bisa kadang sisa setengah life bar lu...

Selebihnya, gue udah nyaman sih sama game ini, mungkin buat yang belom biasa sama tailspin bisa nyoba-nyoba lancarin juggle+bound+ender dulu di Tekken 6 atau TTT2. Soalnya ngebantu banget buat pelajarin lagi sistem tailspin yang punya mekanisme kurang lebih sama.

Oh iya, buat yang seneng sama sistem floor break, balcony break dan kawan-kawannya, sekarang ada multiple floor break di salah satu stage, so let's the party begin with floor break...

Grafik
Dari awal sih game ini dipake Unreal Engine 4, dan gue liat dimana-mana gambarnya sih bagus . Silahkan cari aja sendiri beberapa cuplikan orang main di Youtube, berani jamin gambarnya termasuk oke.

Tapi kemaren pas masuk Indo, si Dyon sempet bilang gambarnya ada beberapa kayak pecah-pecah gitu pikselnya dan emang gue buktiin sendiri gitu sih, terutama di stage hutan (Jungle Outpost) dan stage salju (Arctic Snowfall). Di beberapa stage kadang malah lag karena ada beberapa effect, seperti di stage atap gedung (Twilight Conflict). Kalo kata Liz sih, katanya karena kita di Indonesia masih pakai mesin Tekken 6 jadi belum mensupport penuh engine Tekken 7, jadi ada beberapa fitur yang tampil kurang oke.

Sistem (Multiplayer Mode, Practice Mode, VS CPU Mode)
Di sini gue berbicara mengacu pada sistem mesinnya, bukan gameplay lagi...

Sekarang mesin di Indonesia sistemnya jadi satu mesin satu pemain, bukan satu mesin dua pemain lagi kayak dulu. Ini mungkin karena mereka pengen buat pemain juga ngerasain sistem Pick Side. Kita bisa milih mau main di posisi Left atau posisi  di layar. Contoh, elu pick posisi Left, maka char lu ada di posisi player 1 di layar, begitu juga sebaliknya. Ini gak berpengaruh sama lawan lu, karena lawan lu bisa milih posisi yang sama dengan posisi yang lu ambil karena kedua layarnya terpisah. Sistem ini aslinya dibuat untuk pemain yang misal EWGFnya gak lancari di player 2, atau dash kurang lancar di player 2 dsb...

Gue rasa, ke depannya pas mesinnya ditambah, kita bisa main sama pemain di mesin yang cukup jauh sama kita asal tergabung dalam jaringannya aja (kalo mau tau tergabung atau gak mesinnya, sebelum main ditampilin pilihan siapa aja yang lagi main dan bisa ditantangin).

Updatean paling keren sih Revenge Match, satu sistem yang bikin elu bisa nantangin orang yang ngalahin elu tanpa perlu balik ngetap kartu dan balik ke layar pilih char dan pilih stage. Kalau kena demotion risk dan gak pengen kartu lu turun, pilih Special Revenge Match (tapi ya lu harus masukkin dua kredit sih). Cuma ya jadi rese banget, kadang lagi rame terus pemain di depan yang lagi maen di mesin terus-terusan Revenge Match... Kapan maennya kalo gitu?

Selain itu juga ada Practice mode di game ini, lumayan lah walaupun cuma 5 menit, hampir semua option yang biasa elu jumpai di Practice mode Tekken itu ada, kecuali capture move..

VS CPU sekarang cuma 5 stage, sub boss Heihachi, final boss Kazumi. Kalau elu ngalahin Kazumi sekali, dia akan berubah jadi Devil Kazumi di stage berikutnya (buat yang main TTT2, mirip-mirip sama Unknown). Kabar gembiranya, Kazumi dan versi Devilnya gak serese Unknown di TTT2 yang udah kayak lawan pemain beneran, jadi harusnya cukup mudah buat dilawan (ya gak cupu juga sih itungannya, so-so lah... Yang rese itu terutama macannya dan lasernya)



 Tiga gambar ini menunjukkan fitur-fitur dari Tekken 7. Ada menu practice mode (sebelah kiri), menu awal ketika pertama main (sebelah kanan), dan pick side mode (bawah)


Character
For me, 27 itu terlalu dikit... Masih banyak char inti yang belum masuk kayak Lei, Nina, Lee, Eddy, Mokujin, bahkan Kuma yang maskotnya game ini sendiri belom masuk...

Firasat sih bilang bakal ada versi *R game ini, dan karakter-karakter yang belom nongol saat ini bakalan masuk di sana (kecuali beberapa yang emang udah ditandakan gak akan masuk lagi)

Costumization and Card
Say goodbye to ghost mode... Sampe sekarang belom pernah liat ada yang main lawan ghost, jadi gue asumsikan sistem ini keknya dihapus... Gak tau tapi ke depannya...

Untuk sekarang sistem costumization itu ngedevelop item. Bingung? Jadi begini, Tekken 7 udah gak nerapin sistem beli item untuk costumization lagi sekarang (gold itu dipake untuk beli title, tile, panel, dll segala macem yang berhubungan dengan player, bukan character), semua item costumization itu didapet dari gacha (kadang dari item box juga yang bisa didapatkan kalau point anda pas main udah 1000). Gak sampe situ, yang kita dapet di gacha juga bukan itemnya langsung, tapi blueprint... Blueprint itu bisa didevelop pake orb yang kita dapetin dari daily bonus (iya, sekarang sistemnya daily bonus. Dateng aja ke arcade tiap hari terus tempelin kartu lu deh di mesin Tekkennya) atau item box. Orb dan blueprint nya pun macem-macem raritynya (*3 sampe *5 kalo gak salah).  Baru dari situ kita bisa dapetin item untuk costumization char kita. Untuk bagian ini gue belum terlalu ngerti karena masih baru juga... So i will update it later maybe...

Kabar gembira lainnya, kalau elu pakai banapass dari TTT2 (lu pernah main TTT2 di banapass itu) dan ada char elu yang ranknya 1 Dan, otomatis char lu di Tekken 7 juga akan 1 Dan semua ranknya (dengan catatan elu harus main 1 char sampe 1 Dan dulu, baru berlaku)

Harga
Ketakutan yang dulu sempet gue sebutkan akhirnya kejadian... Harga sekali mainnya 10k men... Iya, Rp. 10.000,00... Gile, gak masuk akal banget... TTT2 aja udah gak masuk akal, apalagi sekarang udah main cuma satu char aja... Mungkin sudah saatnya ada pergerakan di antara pemain Tekken untuk menuntut keadilan :p

Overall
Kalo main sekali-sekali ini game masih oke sih, malah kalo kita jarang main asal ke arcade tiap hari juga gak papa. Toh bisa ngambil daily bonus kan...

Overall, gue seneng sama seri baru ini, berharap biar ada tambahan character berikutnya karena sekarang variasi charnya terlalu dikit juga...

Karena ini review sotoy-sotoyan aja, gue juga gak mau komentar banyak sih, silahkan komentar sendiri aja di bawa kalau mau haha... Mau tanya-tanya juga silahkan, gue akan coba jawab sebisa gue

Link
Character move list + juggle (video):
https://www.youtube.com/playlist?list=PLUw8WndM3KBO5HFDywrb9mTmwdCOO0ozN

Forum Diskusi Tekken  (International):
http://www.tekkenzaibatsu.com/forums/

Forum Diskusi Tekken (Indonesia):
http://www.indotekken.com/forums/forums.php

Info Game
Tekken 7
Harga: 10 k per sekali main
Lokasi: Puri XXI (1 pasang), Gading XXI (1 pasang)

No comments:

Post a Comment