The Noob's Profile

My photo
Random rant, Random reviews, Random story... You can found all random things on here :)

Sunday 12 January 2014

Filosofi Catur SK2H

Gue lagi tergila-gila sama cerita satu ini. Judulnya Sepasang Kaos Kaki Hitam. Ini cerita udah booming banget di Kaskus sejak tahun 2011, dan gilanya lagi, cerita ini real..

Bercerita tentang seorang cowo bernama Ari yang kerja magang di Karawang. Ia tinggal di sebuah kost-kostan berlantai 3, dimana kamarnya sendiri berada di lantai paling atas kost-kostan itu. Di hari pertama ia pindah, ia bertemu dengan seorang cewe misterius yang menggunakan stoking hitam menutupi kakinya.

Cerita ini menurut gue keren banget, karena menunjukkan bagaimana dia bersosialisasi dengan kedua temannya (Indra, lalu kemudian ada Meva, si cewe berkaos kaki hitam), bagaimana dia bisa menyemangati Meva untuk meraih semua impiannya dia, dan yang paling gue bikin gue mewek baca cerita ini adalah ketulusan dia untuk melepaskan cinta sejatinya dia...

Satu hal lagi, pertama kali gue baca cerita ini, gue kayak ngeliat gambaran diri gue saat ini di Meva. Serius, 80% diri Meva itu kayak gue. Pesimis, selalu takut untuk ditinggalkan, sifat-sifatnya dia, bahkan sampe kebiasaannya dia (yang menurut orang-orang yang baca ceritanya mengerikan banget) mirip sama gue (walopun gak senekat dia juga sih).

Ada satu bagian yang paling gue suka, ketika Meva lagi main catur lawan Ari, lalu tiba-tiba Meva ngomong mengenai betapa gak berharganya diri dia dengan perumpamaan sebuah pion catur..

"eh, emh...sorry.........tiba-tiba ada yg kepikiran sama gw soalnya."

"yaelaah timbang pion kecil juga, dipikirin banget. lo kan masih punya banyak serdadu."

meva menggeleng....
 
"justru itu Ri," katanya.
 
"..........."
 
"kok gw ngerasa hidup gw kayak pion ini yah?" dia mengangkat pion yg tadi gw makan.
 
"maksudnya?" gw nggak ngerti.
 
"ya kayak yg lo bilang tadi, ini cuma pion kecil..." lanjutnya. "nggak ada artinya. diremehin. nggak diterima keberadaannya sama mereka yg lebih besar dari dia. baru sadar ternyata hidup gw juga gitu Ri. nggak banyak yg mau nerima gw. gw selalu merasa kecil di depan orang lain, termasuk elo."
 
"kok lo bisa ngmong gitu?" komentar gw.
 
"gw cuma ngomongin kenyataan kok." mendadak sorot mata meva berubah sayu. "apa hidup gw terlalu salah buat gw ya? mulai dari masa lalu gw sampe keanehan yg gw miliki. semua nggak bisa diterima gitu aja sama orang lain."
 
"emang sih...kadang sesuatu itu tampak indah kalo kita nggak tau apa di balik itu semua. tapi bukan berarti lo bisa nge judge bahwa orang akan nggak nerima lo misalnya dia tau rahasia lo. buat gw, apapun dan gimanapun masa lalu seseorang kemarin, yg gw liat adalah hari ini. karna semua akan selalu sulit kalo kita cuma nilai dari masa lalu."
 
giliran meva yg diam. matanya tetap sayu menatap pion yg tadi.
 
"gini deh Meva sayaang......" gw ambil pion yg sejak tadi dipandanginya. "pion ini, memang nggak ada artinya saat ini." gw letakkan di salahsatu petak. "tapi kalo pion ini bisa ngelewati semua ujian untuk bisa sampai di petak terakhir..." gw letakkan dia di petak paling sudut di daerah pertahanan gw. "pion nggak berharga ini bisa bermetamorfosa jadi benteng, kuda atau bahkan jadi menteri."
 
dan gw mengganti pion itu dengan menteri. meva masih diam.
 
"sama kayak hidup kita," lanjut gw lagi. "kalo kita bisa bertahan dan ngelewatin semua ujian dalam hidup, suatu saat nanti kita bisa jadi yg lebih hebat dari mereka yg selalu merendahkan kita. kita bisa jadi sesuatu yg berarti buat mereka juga, Va. lo harus tau itu..."

Buat yang penasaran sama cerita lengkapnya bisa baca di threadnya langsung:
Sepasang Kaos Kaki Hitam

Cerita ini mengajarkan banyak hal, termasuk betapa indahnya kenangan yang udah terjadi, karena ia gak akan terjadi lagi untuk kedua kalinya, serta bahwa waktu dan masa depan itu adalah sebuah misteri karena orang gak akan tau apa yang udah direncanakan oleh keduanya
 
 

No comments:

Post a Comment