The Noob's Profile

My photo
Random rant, Random reviews, Random story... You can found all random things on here :)

Sunday 25 March 2012

Persona 3: The Answer

Serius yah, selama ini gue gak pernah bahas game lain selain Tekken di blog gue. Kali ini gue pengen bahas soal Persona 3: The Answer yang mungkin bisa gue katakan sebagai last chapter dari game Persona 3.

The Answer adalah game lain yang bisa lu mainin dalam satu DVD Persona 3 FES, which terbagi antara The Journey (part seperti Persona 3 biasa dimana di dalamnya dikasi beberapa tambahan) dan satu lagi adalah part The Answer yang merupakan cerita setelah event di The Journey berakhir. Perbedaan yang lumayan mencolok dari 2 part ini (selain story tentunya) adalah difficulty, dimana di The Journey, kalian diberi pilihan difficulty namun di The Answer, difficultynya cuma ada 1, yaitu (buat gue sendiri ya) very, very, very hard. Berani sumpah, kalo kalian ngeskip banyak battle disini, dijamin bakalan kewalahan banget lawan shadow-shadow yang entah kenapa jadi levelnya-kok-gede-banget di The Answer ini.

Ehem, sorry kalo banyak spoiler disini tapi karena gamenya sendiri udah keluar dari 2008, jadi mendingan hajar spoiler aja dah. The Answer ngambil event di 31 Maret 2010 (in game, which is tidak pengaruh ke dunia nyata :p) dimana si tokoh utama (or kita panggil aja sebagai Minato Arisato karena name manganya adalah itu)diceritain mati setelah mengalahkan Nyx di 31 Januari 2010 di bagian The Journey (Last Boss Battle). Semua member SEES or Specialized Extracurricular Execution Squad (mau deh gue ada ekskul kek ginian di sekolah gue :p) nganggep si Minato ini mati karena kelelahan (?) waktu lawan Nyx. Cerita ini kemudian bergulir hingga pada saat pergantian hari dimana harusnya menjadi tanggal 1 April, malah membuat mereka kejebak dalam waktu yang sama. Dalam situasi ini, sebuah anti-shadow weapon alias Metis keluar entah darimana dan nyerang para anggota SEES. Salah satu membernya yang namanya Aigis yang juga anti-shadow weapon pun entah gimana bisa dapetin kekuatan Minato : summon banyak persona. Secara inti cerita, The Answer pengen ngejawab kenapa si Minato harus mati saat lawan Nyx dan kenapa mereka gak bisa buat waktu berjalan kayak normal. Dan jawaban kenapa Minato harus mati adalah, dia harus menjadi segel, bukan untuk mencegah Nyx keluar, tapi untuk mencegah umat manusia buat memanggil Nyx yang kemudian akan melahirkan yang namanya The Fall ato kehancuran jika Nyx bersatu dengan willing untuk memanggilnya yang disebut Erebus.

Anyway, gue masih agak bingung ama cerita game ini, tapi satu hal sih yang gue tangkep dari gamenya. Jangan pernah nyeselin apa yang udah terjadi di masa lalu dan terus berharap buisa ngerubah hal itu. Karena apa? Karena hal itu gak mungkin terjadi. Misalnya aja SEES dengerin saran Yukari buat balik ke masa lalu sebelum mereka kalahin Nyx, bukan berarti si Minato gak akan mati (Anyway, Yukari jadi bitchy banget di The Answer). Dan bukan berarti gak mau balik ke masa lalu itu gak care sama seseorang. Dia udah pergi ya udah relain aja, apa yang bisa dilakuin lagi kalo dah kayak gitu (talking about Yukari being bitchy karena bilang Aigis gak care sama Minato). I mean, siapa juga yang mau Minato mati? Kalo satu grup ditanya udah pasti semua akan bilang gak mau. Dan selain itu, ternyata ada alesan kenapa Persona 3 ama Persona 4 itu ada keterkaitannya. Karena si Elizabeth, pembantunya Igor disini itu pergi di Persona 4 yang otomatis diganti ama cewe lain yang namanya Margareth. Margareth pun bilang di akhir pertarungan sama dia kalo Elizabeth pergi itu untuk nyelamatin Minato.

Yah, hanya sekedar saran fans sih. Tolong Minato dibangkitin di Persona 5, jadi apapun itu gak papa dah. Kenapa? Karena buat gue, dia salah satu main character terbaik yang pernah ada.

No comments:

Post a Comment