The Noob's Profile

My photo
Random rant, Random reviews, Random story... You can found all random things on here :)

Tuesday 26 January 2016

Lost Time Memories: Ekskul Teater (Elementary School Days)

Oh, hello... Nice to meet you... It's already at the end of January but Bali still raining hard from one week ago... Hopefully you all stay healthy and safe wherever you are :)

Kalo kemaren ada yang baca post saya... Dan bertanya-tanya soal project Stargaze, tenang aja yeh, projectnya masih jalan kok tapi masih stuck di chapter 9 (4 chapter lagi kelar), sisanya tinggal kelarin Afterlife dan Papercut... Storynya cheesy kok, terlalu cheesy malah sampe kadang saya takut kalo keliatan alay ato gimana, semoga saja tidak...

So... Let me tell you a little story... About a lost time memories when i was in 5th grade of elementary school...

Jadi pas kelas 5 itu, gue memutuskan untuk nyoba yang baru di ekskul sekolah gue. Sekedar informasi (yang gak penting), gue kelas 1 dan 2 aktif di ekskul gambar (walopun ancur sih, tapi ya udahlah terpaksa), kelas 3 dan 4 gue aktif di ekskul ansamble (dari ekskul inilah gue belajar main biola, karena buat gue saat itu, biola itu keren... Ya gue tau sih kedengeran aneh...). Intinya gue bosen dengan ekskul gue selama 4 tahun itu dan pengen nyoba sesuatu yang laen dan baru. Jaman itu gue belom kayak sekarang yang sekalinya comfy ya udah gak akan kemana-mana lagi. Kagak, jaman dulu gue gampang bosenan orangnya, dan akhirnya pilihan gue jatuh pada satu ekskul baru yang baru aja dibentuk oleh salah satu guru agama gue, Pak Teguh (halo Pak, apa kabar? Hahahaha... Seneng banget dulu sama guru satu ini, gaul dan hobi bercanda soalnya walopun kalo marah sangarnya minta ampun). You already read it at the title my friend, It's ekskul teater... I repeat, Ekskul Seni Peran... 

(Mungkin kalo saat itu gue udah seneng sama Tekken, mungkin gue udah masuk ke ekskul Taekwondo kayak MCK kali ya?)

Seni peran... 

Agak remeh kali ya kedengerannya, belajar soal akting dll... Tapi seru sih waktu pas itu menurut gue... Here, i will tell you about something... That gue pernah nangis karena dibentak pas ekskul teater... Gak, bukan karena nangis beneran, tapi gue diharuskan untuk akting nangis dan rata-rata aktor atau aktris bilang akting nangis itu susah dan tricky... Tapi gue beneran nangis dan sampe keluar air mata...

Jadi begini ceritanya... 
Waktu itu ekskul baru berjalan sekitar sebulan kalo gak salah dan Pak Teguh ini kayak pengen test kita untuk cara memainkan peran dalam emosi berbeda-beda, tapi waktu itu yang dipilih adalah nangis atau sedih... Akhirnya beberapa temen gue nyoba, mereka maju ke depan sendirian terus Pak Teguh bilang mereka harus bayangin event apa yang bikin mereka sedih dan mencoba menuangkannya ke perannya mereka... Hasilnya sih oke-oke, gue jiper liatnya, pada jago-jago semua. 

Sampe akhirnya gue dipanggil buat jadi bahan percobaan, jadi gue dikasih peran oleh si Pak Teguh dan gue harus memainkan peran itu. 

Waktu itu peran gue adalah peran seorang pembantu yang kerjanya gak becus sama majikannya. 

Akhirnya gue memejamkan mata gue, tenangin diri, fokus, lalu berusaha untuk tenggelemin diri gue ke perannya itu...

Lalu tiba-tiba saja...

"KAMU KERJANYA GAK BENER YA!!??"

Si Pak Teguh teriak kenceng banget tepat di depan mata gue.

Gue yang kaget langsung refleks buka mata dan lutut sama kaki gue langsung lemes begitu aja, udah bener-bener kayak orang yang baru abis buat kesalahan. Dan udah, air mata gue netes gitu aja, gue cuma bisa berlutut sambil ngomong "Ampun Pak" dan "Maaf" berkali-kali, otak sama perasaan gue udah campur aduk aja isinya. Pak Teguh masih terus memainkan perannya jadi majikan gue dan gue masih aja diem sambil berlutut minta maaf sampe akhirnya dia melunakkan perannya, pertanda peran gue juga udah selesai dan gue ditepuktanganin sama semua anak ekskul teater di satu ruangan itu... Dalam hati gue cuma bisa bilang, "Akhirnya kelar, ya Tuhan..."

Tapi itu sih serunya dunia seni peran... Gak semua peran gampang soalnya, gue pernah dapet peran jadi gadis desa sama temen-temen gue dan gue yang paling susah untuk terjun ke dalam karakternya (karena emang gue gak terlalu bisa berperan jadi anak perempuan lembut dan ya cewe banget). 

But, I'm happy karena gue bisa dapet pengalaman belajar seni peran sih... Gue jadi tau setidaknya betapa susahnya aktor ato aktris yang sering kita lihat di TV dan film dan apalah itu... Gue belom pernah dapet antagonis sih, tapi rata-rata temen gue bilang kalo gue udah cukup antagonis tanpa harus dapet peran itu XD (sial...)

Kalo ditanya misalnya ke depan dapet kesempatan kayak gini lagi ya gue maulah XD Seru kok explore karakter itu, makanya gue salut sama orang yang bisa mainin perannya dengan baik dan sesuai sama karakternya (terutama kalo karakternya itu diambil dari komik atau novel), it's not easy...

(Ya emang kedengeran agak greedy sih kalo emang kepengen terjun ke dunia seni peran yang lebih besar, but why not? Namanya pengalaman dan ambisi kan?)

No comments:

Post a Comment